Posted by: pomgarridho | 24/08/2010

Sanlat 24/8/2010 (Sedekah “menaungi” pemiliknya dihari Kiamat)

Penceramah: Ustadz Zainal Muttaqien

MC : Ibu Haerunnas

Tilawah : Ibu Eria Chuzaimiah

Saritilawah : Ibu Ardian Noza

KESIMPULAN:

Surat Al-Baqarah ayat 261-262:

261 : Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya dijalan Allah seperti  sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada 100 biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.

262: Orang yang menginfakkan hartanya dijalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala disisi Tuham mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

263: Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Maha Penyantun.

„Kejarlah dunia tapi jangan lupa engkau akan kembali ke akhirat“

Nabi Muhammad memberitahu kepada kita ummatnya, ilmu mengenai apa saja perbuatan yang bila dikerjakan selagi hidup di dunia yang fana ini, dapat menyebabkan hadirnya naungan di hari Kiamat. Oleh sebab itu seorang muslim-mukmin yang cerdas pasti bersemangat mencari tahu perbuatan apakah gerangan itu. Seorang muslim cerdas sangat peduli dengan apa-apa yang memastikan dirinya selamat dan sukses dalam kehidupan di alam abadi akhirat, sesudah ia meninggalkan dunia fana. Bahkan lebih jauh daripada itu, seorang mukmin pasti berusaha sekuat tenaga mengamalkan ilmu tersebut agar janji yang ada bersamanya menjadi kenyataan kelak di hari tidak ada naungan kecuali naungan yang datang dengan izin dan ridho Allah.

Orang bisa bersedekah karena mereka tahu ilmunya. Karena buah dari ilmu :

1.Rasa Takut

Seseorang akan takut bila ia diberikan kenikmatan oleh Allah, karena kenikmatan dianggap sebagai cobaan hidup dari Allah apakah dia bisa menjaga amanah dari Allah atau tidak. „ Allah mencintai orang miskin rajin ibadah, tapi Allah lebih mencintai orang kaya yang rajin ibadah“

2.Rasa Ikhlas

Allah menguji kita dengan apa yang kita cintai, maka cintalah hanya kepada Allah.

3.Rasa senang apapun yang diberikan Allah kepadanya.

Keuntungan Sedekah

1.Akan menumbuhkan cinta kepada Allah SWT.

2.Mendapatkan pahala dari Allah 700x lipat

3.Menghindari musibah

4. Menjadikan kita Khusnul Khatimah

Saudaraku, marilah kita rajin bersedekah agar memperoleh naungan di hari tidak ada naungan kecuali naungan Allah. Sungguh beruntung orang beriman yang melazimkan dirinya setiap hari mengeluarkan sedekah sebagai bentuk investasi cerdas untuk melindungi dirinya di hari yang sungguh sangat menyulitkan dan menakutkan kebanyakan manusia.

Dan ketahuilah saudaraku, jangan pernah memandang remeh pemberian yang engkau keluarkan. Sebab bukan banyaknya sedekah yang menyebabkan naungan di hari Kiamat. Melainkan keikhlasan kitalah yang menyebabkannya.


Responses

  1. Alhamdulillah walau nggak bisa hadir bisa dapat info terbaru….
    Terima kasih banyak ya bu atas up date info nya …

    • sama-sama mama jasmine, sering-sering main kesini ya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: