Posted by: pomgarridho | 04/12/2010

Presentasi dan Pelaksanaan Finger Print Analysis

Pada tanggal 6 Nov 2010 diadaakan Presentasi mengenai Finger Print yang merupakan kerjasama TKIT Arridho dengan Kid’s Magz yang gunanya untuk mengetahui dan menggali potensi anak.

Manfaat Analisa Sidik Jari bagi orang tua:

Analisa sidik jari membantu para orang tua diantara manfaatnya adalah:

  1. Dapat membimbing belajar sang anak dan memilih kurikulum belajar yang lebih baik berdasarkan pemahaman keunikan talenta genetik sang anak dan juga gaya belajar ideal yang dia punya.
  2. Mengetahui potensi anak dalam hal kekuatan dan kelemahan terbesarnya.
  3. Orang tua bisa membantu sang anak menajamkan keterampilan dan bakat khususnya yang dimilikinya, menguatkan jalinan sinapsis yang ada di otak sang anak.
  4. Menghindari adanya potensi ketimpangan kompetensi yang jauh antara potensi yang kuat dan yang lemah yakni di kala satu kompetensi berada dalam jeda amat jauh dengan yang lain.
  5. Mengembangkan sirkuit neurologis anak agar dapat berkembang secara sempurna sejak dini

Manfaat Analisa Sidik Jari bagi Anak:

Analisa sidik jari sangat bermanfaat bagi putra-putri anda:

  • Mengidentifikasi karakteristik dan gaya belajarnya,
  • Mengidentifikasi talenta (dan kelemahan) bawaaanya,
  • Merancang model pembelajaran khusus untuknya,
  • Mengurangi biaya dan waktu percuma untuk program khusus,
  • Membangun rasa percaya diri anak,
  • Meningkatkan kualitas hubungan antar orang tua dan anak,
  • Memberikan masa kanak-kanak yang bahagia.

Tujuan analisa Sidik Jari

Diantara tujuan analisa sidik jari adalah:

     

  • Sensitivitas daya tangkap seseorang atas informasi yang dia terima melalui panca indera dan bagaimana otak memprosesnya.
  • Kecenderungan dan respon seseorang atas stimulasi-stimulasi yang dia terima dan bagaimana otak memprosesnya dalam bentuk tindakan.
  • Gaya berfikir yang paling dominan berdasarkan belahan otak kanan-kiri (brain hemisphere) dan mengungkap kecenderungannya dalam proses pengambilan keputusan.
  • Komposisi distribusi nerve pada fungsi-fungsi bagian otak sehingga diketahui daerah stimulasi mana yang paling sensitif pada bagian otak: frontal lope, parietal lope, occipital lope dan temporal lope dan dikaitkan dengan kecenderungan skill seseorang yang paling cepat untuk diserap dan dilatih.
  • Mengenal potensi dasar diri sendiri, termasuk karakter kepribadian dan gaya pengambilan keputusan dan tindakan.
  • Mengetahui potensi kelemahan, kecenderungan dominasi distribusi dan kekurangan keseimbangan peta stimulasi fungsi-fungsi bagian otak dan kecenderungan karakter dan kaitannya dalam membina komunikasi dan relasi dengan orang lain.
  • Sebagai bahan referensi dalam menganalisa diri dan membuat perencanaan kehidupan masa depan yang lebih efektif.
  • Menentukan masa depan secara lebih pasti, pendidikan paling efektif dan karier yang paling potensial untuk ditekuni.
  • Mengetahui potensi, kecerdasan, karakter dan motivasi yang bersifat genetic.
  • Mengetahui gaya dan metode pembelajaran yang paling efektif memiliki referensi dalam menganalisa potensi diri, kekuatan dan kelemahan.
  • Mengembangkan bakat yang dominan agar berprestasi sebagai pedoman untuk memilih sekolah, jurusan dan cita-cita sesuai dengan potensi yang dimiliki

Banyak lagi manfaat yang didapat ketika kita telah menganalisa sidik jari.

Ibu@ yang mengikuti Presentasi

Penjelasan oleh Bapak Yoza

Presentasi Finger Print Analysis

Alhamdulillah dari Presentasi ini, banyak orang tua yang mengikuti test ini untuk anaknya. Khusus untuk anak TKIT ArRidho diberikan diskon khusus sebesar Rp.485.000,- meliputi semua analisa.

Hasil Analisa :

  1. Personal Drive
  2. Basic needs
  3. Character Traits
  4. Learning & Thinking Style
  5. Working Style
  6. Potentials & Talents
  7. Pressure & Instability Condition

Hasil dari Finger Print Analysis ini akan dibaca dan dijelaskan langsung oleh Psikolog/ konsultan perusahaan. Sampai saat ini masih menunggu hasil dari laboratorium di Bandung.

Tata cara dan ketentuan pengambilan sampel untuk analisa sidik jari

1. Proses Scanning Sidik Jari.
Proses pengambilan sampel sidik jari sekitar kurang lebih 5 menit. Dengan cara sepuluh jari tangan akan di pindai (scan) dengan alat yang bernama fingerprint scanner, mirip dengan mouse computer. Setelah itu telapak tangan juga akan dtentukan titik koordinatnya untuk pengukuran sudut derajat.

Bisa untuk segala usia, dan berbagai kondisiPengambilan sidik jari dan analisanya hanya perlu sekali untuk seumur hidup, karena pola sidik jari tidak akan berubah. Sehingga, peserta analisa sidik jari ini bisa untuk segala usia dari bayi hingga lanjut usia. Pengambilan data sampling juga tidak dipengaruhi oleh kondisi-kondisi pesertanya seperti: mood, kesehatan, grogi, kelelahan dsb. Tidak diperlukan observasi khusus, interview maupun kuesioner dengan menjawab banyak pertanyaan. Peserta sidik jari hanya diperlukan jari-jarinya untuk di scan. Proses taking sample, juga bisa dilakukan dimana saja, di kantor, sekolah, maupun di rumah. 


2.  Hasil Analisa dalam 5-14 hari kerja

Setelah proses pengambilan data sampling, maka data yang tersimpan akan di verifikasi dan dianalisa sampai dengan keluar hasil reportnya. Membutuhkan waktu sekitar 5-14 hari kerja. Hal ini untuk menunjang pemeriksaan hasil analisa yang lebih akurat. Setelah peserta analisa sidik jari mendapatkan hasil report, maka dapat dikonsultasikan pembacaannya dengan konsultan dari perusahaan.

Beberapa hal yang perlu diketahui dalam proses pengambilan sample sidikjari:

  • Proses Scanning lebih mudah dilakukan pada usia di atas 1,5 tahun, usia di bawah itu, tergantung pada kehalusan pola sidik jari tangan bayi.
  • Hanya bisa dilakukan pada orang-orang yang memiliki sidik jari lengkap dan tidak rusak parah.
  • Pada orang-orang tertentu, yang memiliki jenis kulit tipis dan kering atau jenis kulit basah berkeringat, terkadang scanner mengidentifikasi error. Walau demikian, teknisi kami akan tetap berusaha melakukan scanning dan analisa apabila masih bisa di atasi.

Leave a comment

Categories